Mengurus Surat-Menyurat

Mengurus surat menyurat itu melelahkan

 

Dari mulai kerja awal Februari lalu banyak sekali mengurus surat-menyurat ke institusi. Mengirim surat, mengecek sudah tercatat atau belum, mengkonfirmasi kepastian perihal surat, bertemu dengan pihak terkait, eh surat lagi. Lelah, iya, lelah karena prosesnya juga kadang-kadang masih dibentak-bentak orang bagian administrasinya. Lelahnya kayak nunggu jodoh yang gak pasti gitu. 😛 akhir-akhir ini juga membantu menguruskan surat-menyurat penelitian teman, dan terakhir ini surat-menyurat untuk kegiatan, sama ribetnya.

Sebenarnya di era teknologi informasi institusi sudah dimudahkan dengan email, tapi ya tetap belum move on. Banyak institusi yang punya email, tetapi jarang di cek, kadang karena adminnya gak menentu lupa password dan banyak lagi alasan. Kebanyakan sih karena pegawai administrasi cenderung menempatkan orang-orang tua yang sudah mendekati pensiun. Seperti di Dinas Peternakan Provinsi Bali, petugas administrasinya angkatan lama, susah sekali diajak komunikasi. Ada juga di Dinkes kota Denpasar, petugas adminnya tua, kalau orang mengirim surat petugasnya jutek dan kalau dikonfirmasi marah-marah, ada juga di satu Puskesmas biasanya bentak-bentak kalau ditelepon. Tapi tidak jarang juga yang masih muda seperti di Balai Besar Veteriner atau Dinkes Provinsi, biasanya mereka lebih responsive dan komunikatif.

Itu mengirim surat di tataran dinas-dinas. Kebetulan ini saya akan mengirim surat untuk kepala desa seluruh Kintamani. Ini rada rumit, selain karena daerahnya cukup luas, jaraknya lumayan dari Denpasar, dan saya sendiri tidak mengenal medan. Seharusnya sih kantor Perbekel jaman sekarang kan sudah maju, mestinya tidak kesulitan untuk urusan seperti ini di Bali. Tapi nyatanya ya ribet, masih perlu mengirim surat yang diamplopin itu, dan yang ribet susah cari orang yang dimintai tolong. Entahlah, seharusnya teknologi bisa menjadi solusi kesulitan semacam ini dan meminimalkan pembiayaan jasa pengantar yang tak bisa dipastikan standarnya itu.

 

 

#33HariBagiCerita #30

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s