Menjelaskan Pekerjaan pada Orang Awam

Setiap bertemu keluarga, teman dan para tetangga di musim lebaran gini selain ditanya kapan nikah, pasti ditanya kerja apa sekarang.

Tidak sulit menjawab ini apabila orang-orang awam (baca : orang desa pada umumnya) paham kalau pekerjaan itu bukan hanya macam profesi yang mereka pahami seperti, guru, dokter, perawat, bidan, tentara, polisi dan pekerjaan PNS lainnya, masih banyak lagi lainnya baik terkait keahlian ataupun berdasarkan latar pendidikan. Mungkin mereka lupa kalau sejak jaman dulu juga ada pedagang, pandai besi, perak dan sebagainya, seniman, pujangga, bahkan Agamawan kepercayaan.

Jika orang-orang menanyakan aktivitas saya, saya mencoba mengukur pemahaman dan memilihkan bahasa yang paling mudah mereka pahami. Mungkin apabila mereka bertemu semua ada yang berbeda pemahaman, lho katanya kerja kontrak-kontrak, atau lho katanya kerja program, atau lho katanya kerja di lembaga non profit, pada akhirnya semua sama. Cuma biasanya kalau yang paham akan bertanya, bidang kerjanya juga gak sepotong-sepotong seperti itu.

Pada akhirnya, setiap pertanyaan hanya perlu dijawab. Jadi kalau perlu penjelasan panjang lebar namanya bikin esai ujian. 😛

#33HariBagiCerita #21

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s