Pulang dari Rumah Sakit

Kemarin Kakek keluar dari RS

Anumodana, puji hyang Buddha ternyata 10% harapan hidup itu masih bagian dari karma baik kakekku. Terima kasih sebesar-besarnya pada pelayanan baik rumah sakit Al-Huda. Terima kasih kepada dokter Jamal juga, dokter internis yang tak asing lagi, karena sebelumnya juga yang menolong nenek pas kena stroke ringan.

Pelayanan di Al-Huda termasuk merespon dengan cepat keluhan kemarin, meskipun tidak  mendapat ruang isolasi kosong, sebisa mungkin RS memodifikasi kamar rawat jadi gelap tanpa bisa masuk cahaya. Mungkin pilihan kamar inap juga jadi poin bagaimana penanganan, semoga salah.

Btw, ternyata ATS (anti tetanus serum) itu ternyata lumayan mahal harganya, bersama antibiotik harganya hampir empat jutaan. Sebelum mendapat suntikan ATS ini dokter atau perawat UGD sempat meragukan keluarga yang antar mampu dan mau membayar ini mengingat harapan hidup yang kecil. Mereka meyakinkan terus, apa benar mereka benar-benar yakin dengan keputusan, dan ya kami memberi kesempatan kepada Kakek untuk mendapat layanan sebaik-baiknya. Beberapa hari sesudahnya Dokter bilang tetanus nya ini masih kategori ringan. Pasien tetanus lain yang bersamaan masuk di UGD tidak tertolong, pasien itu sudah sampai sesak nafas.

Tetanus ini intinya harus segera dapat pertolongan, lebih baik dicegah. Karena pemicunya kadang cuma sepele banget, selain lewat luka bisa juga lewat hoby mencukili gigi, khusus kakekku ini gara-gara giginya yang kotor. Dokter menyarankan untuk membersihkan karang giginya setelah perawatan ini.

Ada satu catatan untuk penanganan tetanus ini. Ternyata dokter khususnya di kampung menganggap penyakit gawat seperti itu dengan biasa saja, dokter yang pertama dikunjungi malah menyarankan menunggu 2-3 hari kemudian baru dirujuk. Tentu saja ini tidak untuk semua dokter. Teman pernah cerita di jurusan kedokteran juga tidak semua orang-orang yang memiliki minat dalam bidang itu, banyak juga yang masuk karena memiliki uang. Apalagi kalau lulusan universitas yang tidak terakreditasi kan. Kemudian untuk ATS, mungkin ini memang hanya ada di layanan lanjutan kali yaa, habis di dokter umum tidak ditawarkan lho. Dan saya masih penasaran dengan penyakit tropis ini.

Get well soon Kakek

#33HariBagiCerita #17

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s