Kalisari, Setelah Sekian Lama

Kalisari adalah satu pertokoan legendaris di kota Genteng Banyuwangi

Kalisari 22 tahun lalu, aku diajak mbahku, nenek dan Kakek pergi ke Kalisari. Mereka hendak membeli radio. Mereka membelikanku kaos berwarna hijau dan baju model jumpsuit selempang hari itu, sebagai oleh-oleh. Harganya masih empat ribu rupiah sepasang, katanya. Suatu hari keluargaku mengambil foto di studio saat aku menggunakan baju itu. Kota kecil itu sepertinya tak banyak berubah, kalau dulu banyak Becak sekarang banyak motor, mobil dan agak macet.

Masih di seputar Kalisari, 16 tahun yang lalu. Lupa tepatnya, bapak mengajak pergi ke salah satu toko buku kecil. Tidak terlalu mengesankan, banyak buku sekolah terbitan Erlangga dan sedikit novel remaja pada jamannya, juga komik. Aku membeli buku RPUL dan RPAL seingatku.

3 Juli 2016, Kalisari sudah berubah menjadi Sun East Mall. Aku belum pernah masuk kedalamnya, menurut informasi berisi bermacam-macam gerai. Aku berhenti di pertokoan seberangnya. Kemudian menyusuri jalanan dekat pertokoan itu, mencari Conato Cafe. Ahhh kota kecil itu telah berkembang mengikuti jamannya.

#33HariBagiCerita #18

Leave a Reply

