Kedua Kalinya : Infeksi Tetanus

Kabar tidak menggembirakan itu datang kemarin

Kemarin saya tiba di rumah agak malam, karena ada keperluan belanja bulanan dan belikan oleh-oleh hari raya untuk dikirim ke sepupu yang merayakan lebaran. Sesampai di rumah sepupuku sibuk dengan tugas RPP nya kemudian teleponnya berbunyi. Cukup lama dia ngobrol, setelah selesai ia mengabarkan seorang kakekku, sebenarnya adik dari kakek dari pihak ayah terinfeksi tetanus. Berita itu seketika membuatku cemas, karena tahun 2014 lalu, adik ipar nenekku dari pihak ibu juga kena tetanus dan meninggal.

Aku menelepon kembali keluarga di kampung dan menanyakan apa saja pertolongan yang sudah diberikan. katanya sudah dibawa kedokter dan diberikan obat, diminta menunggu 2-3 hari kalau tidak ada perubahan harus segera dibawa ke rumah sakit. Aku teringat waktu konsultasi soal tetanus dengan dr. Dian, team leaderku waktu di Karawang. Tetanus penyebarannya cukup cepat dan karena menyebabkan kejang otot tentu saja bahaya. Aku memastikan untuk bertanya ke Mbak dian lagi, dan berjanji menelepon segera. Untungnya mbak Dian pas tidak jaga, jadi cukup cepat merespon. Mbak Dian menyarankan untuk segera membawa ke rumah sakit. Keluarga di rumah juga khawatir dan segera membawa kakek ke rumah sakit.

Kakek masih belum sampai kejang hingga hari ini, hari ini katanya sudah membaik. Tapi aku tidak paham juga bagaimana perjalanan si tetanus ini. yang jelas semalam sudah mendapatkan suntikan ATS (Anti tetanus Serrum) dan antibiotik sepertinya. Sudah mendapatkan kamar isolasi juga, semoga tidak tambah parah. dr. Dian dan dokter di rumah sakit bilang harapan hidup penderita infeksi ini hanya 10%, meskipun begitu aku berharap karma baik selalu bersama kakekku dan 10% itu semoga bagian dari karma baiknya.

 

#33HariBagiCerita #14

Advertisements

One thought on “Kedua Kalinya : Infeksi Tetanus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s