Dek Rara Beratnya Naik Sedikit

Jadi mahmudah alias mamah muda pasti tidak mudah

Setidaknya itu yang kuperhatikan dari kakak sepupuku. Kami saat kecil tidak begitu dekat, karena saya lebih dekat dengan keluarga bapak. Tapi ketika SMP kami belajar disekolah yang sama, dia satu tahun tingkat diatasku. Saat SMP itu dia termasuk yang menyelamatkanku dari nenek (ibunya bapak) sehingga aku bisa menikmati masa muda sesuai usia, beberapa kali menculik aku dengan alasan kerumahnya nenek (dari ibu).

Dia menikah pada awal 2013 lalu. Aku yang berjanji menjadi pendamping pengantin, kemudian tidak bisa datang. Dan pada bulan Januari lalu anak pertamanya lahir, diberi panggilan Dek Rara. Bayi mungilnya itu diperoleh dengan usaha yang cukup keras dan menunggu yang cukup lama karena kelainan pada indung telur.

Semenjak dia menikah percakapan kami termasuk serius, berhubungan dengan kesehatan reproduksi, belakangan juga tentang bayi. Padahal dulu percakapan kami hanya seputar gebetan, kapan menikah, capek kuliah dan aku yang sering curhat tentang “kuat gak ya aku hidup tanpa bapak?” Kebetulan bapak kami sama-sama meninggal. Dan kakakku ini cukup kuat, banyak drama-drama yang terjadi sebelum bapaknya meninggal.

Kemarin tiba-tiba dia bilang meminta pertimbangan buat memberi Sufor pada Dek Rara. Padahal awal kelahiran kami (ciyeeh emang gue siapa), maksudnya saya mendukung dia untuk memberikan ASI eksklusif untuk Dek Rara. Ternyata masalahnya sepele banget, anak temannya yang lahir beberapa hari setelah Dek Rara Beratnya sekilo melebihi Dek rara.

Saat ini Dek Rara beratnya 6.4 kg, usianya 5.5 bulan. Seperti layaknya konselor, aku menanyakan apakah sudah berada digaris kuning atau masih hijau grafik pertumbuhan nya (nanya dong, kan males buka grafik :-P) ternyata Dek Rara masih digaris hijau. Saya tanya panjang badannya, dan menanyakan komentar bidan posyandunya. Ternyata tidak pernah diukur panjangnya, yah seperti kebanyakan tempat lainnya. Dan bidan tidak ada komentar.

Berat Dek Rara hanya naik 500 gr per bulan, memang kurang sih kenaikannya. Tapi kalau usia bayi 5 bulan, dari informasi yang saya dapatkan normalnya memiliki kisaran berat 5.5-6.3 kg. Tapi untuk kenaikan berat badan per bulan rata-rata harus 600-700 gr. Diatas enam bulan Malah berat badan bayi bisa menyusut karena sudah mulai aktif. Jadi berat badan Dek Rara seharusnya tidak masalah.

Dari cerita nenekku, yang kebetulan datang waktu dia melahirkan, desa tempat tinggalnya cukup terpencil. Saat ini dia tinggal di Pati, Jawa Tengah. Tinggal di daerah pegunungan, dimana sayuran yang ada tidak beragam. Kebetulan daerahnya juga jarang ada penjual sayur keliling, hanya satu orang. Dan ketika sampai tempat kakakku ini dagangannya sudah habis. Jadi kalau tidak pesan, tidak mendapat bahan lauk yang beragam. Aku rasa ini juga jadi pemicu, meskipun menurut kakakku Asi nya lancar. Namun, kukira nutrisi yang ia salurkan ke Dek Rara tidak mencukupi untuk kebutuhan dua orang.

Saat ini dia tinggal di rumah mertuanya, yang menurut cerita masih kental ‘Jawa’ nya. Aku bisa bayangkan bagaimana tinggal dengan para orang tua yang dipenuhi mitos. Aku rasa banyak hal pasti dilarang dimakan oleh ibu yang menyusui, seperti masih dilakukan orang -orang tua didaerahku juga.

Karena itu, menjadi mamah muda jadi tidak gampang. Mertuanya pasti mengkhawatirkan bagaimana menantunya sebagai ibu baru yang tidak memiliki pengalaman sebanding dengan dia. Sementara si ibu baru ini harus menghadapi mertua, membandingkan informasi-informasi positif yang ia dapatkan. kemudian ketika mendengar anak teman-teman atau tetangga jadi kepikiran juga. Dan semoga perjuangan selama 5.5 bulan tidak sia-sia dak Dek Rara bisa lulus ASI eksklusif.

Cium jauh dari Ontyy :-*

#33HariBerbagiCerita #3

2 thoughts on “Dek Rara Beratnya Naik Sedikit

Leave a Reply

