Seandainya Ada, Ruang untuk Para Muda

“Pekerjaan yang sesuai dengan kita itu memang anugerah banget ya Hep,” kata seorang teman dalam suatu percakapan saluran mesenger.

Maksud teman sesuai itu, ya sesuai dengan minat kita. Baiklah, sebagai produk pendidikan tinggi, baru terasa menjadi objek untuk memenuhi kebutuhan pasar memang setelah lulus kuliah.

Begitu juga hal-hal yang benar-benar kita minati, muncul seiring dengan pengalaman pekerjaan yang pernah bersentuhan dengan kita. Aku menyebut proses ini sebagai “Sebuah Pencarian,” setiap orang pasti pernah melalui. Kecuali, mereka memang orang beruntung, langsung mendapatkan apa yang mereka mau dan mereka tahu itu, aku yakin tidak banyak yang seperti itu. Setia Novanto aja gak langsung jadi kader partai juga bray, gak dikader dulu malah :-P. Menempuh jalur lain dulu buat menghimpun modal. *lupakan*

Pada percakapan ini, aku dan seorang teman yang sudah selesai menempuh pendidikan S2 nya berbicara soal ruang bagi akademisi di Bali, khususnya Denpasar. Sebelumnya aku juga pernah berbincang dengan teman lain yang sudah bergelar master juga, mereka sedang mencari peluang dimana bisa mengabdikan diri. Ternyata tidak banyak program study yang berhubungan dengan prodi asal kami. Sekolah kesehatan sih lumayan banyak, tapi rasa-rasanya tidak membutuhkan tenaga-tenaga baru lagi. Nah, teman yang ini setelah lulus bisa mengabdikan diri di sekolah kesehatan, meskipun katanya belum bisa mengajar tema yang ia minati.

Belakangan, angkatanku terutama banyak yang lanjut S2, dan untuk apa sih S2 kalau bukan untuk kembali pada dunia pendidikan atau penelitian. Kan sayang biayanya banyak, kalau cuma untuk kerja non-pendidikan yah buat apa S2. Nambah ilmu buat diri sendiri? yahh udah pada kecanduan emang. Meskipun kuliah banyak tugasnya, dunia mahasiswalah yang masih membebaskan pikiran.

Percakapan lainnya yaitu dengan Ninung, kalau ini soal posisi dosen muda di UI. Aku pikir ini keren banget, sebuah institusi memberi ruang untuk anak-anak muda yang ingin menempuh karir dibidangnya tersebut. Bukan jadi soal meskipun akhirnya hanya kontrak beberapa bulan, kemudian terus diperbarui lagi tiap periode waktu. Namanya juga belajar, diberi ruang aja udah seneng. Pada akhirnya kalau ada yang gugur karena perihal insentif yang tidak sesuai, itu urusan lain juga.

 

Ruang untuk Para Muda

Belakangan sering bergaul dengan para praktisi lembaga ornop, mereka sedang menghadapi kekrisisan kader. Aku akui sih soal mahasiswa yang dibentuk untuk pemenuhan permintaan pasar akan tenaga kerja ini. Tapi aku rasa masih ada sih segelintir lulusan yang menyadari, dan akhirnya mereka memilih tidak menyerah.

Tetapi yang segelintir ini ada juga yang gugur karena peer pressure itu nyata adanya. bahahaha.

Para lulusan ini memang butuh ruang yang disediakan untuk benar-benar belajar. Ya, mungkin dunia akademisi hanya salah satu contoh. Contoh lainnya mungkin ornop sendiri juga bisa membuat ruang semacam itu, meskipun akhirnya hanya sangat sedikit yang bertahan, karena mengejar kemapanan itu juga realistis kan?

Menurutku proses seperti ini penting, anak muda memang ingin diberi panggung, tapi kadang rendah buat berkomitmen. Kecuali, memang ada hal-hal yang benar-benar mereka dapatkan. Oleh karen itu upaya pelibatan dalam proses-proses lebih penting daripada upaya bagaimana mengikat. Kakak aja masih ragu mengikatku jadi… *nah rupanya sudah ngalor-ngidul* Dan menurutku tidak ada sesuatu yang sia-sia selama itu untuk sebuah upaya menebar kebaikan.

 

PS : Bulan-bulan terakhir ini ngobrolnya kerjaan dan IELTS, padahal dua hal itu paling kondisinya paling susah digambarkan, sedih kan.

 

Advertisements

7 thoughts on “Seandainya Ada, Ruang untuk Para Muda

  1. Di swasta ada posisi Management Trainee (MT) yang menurutku juga bisa jadi salah satu ajang buat yang muda buat menunjukkan kemampuan dan menjajal suatu bidang.
    Btw, semoga segera dipinang sama si Abang 😛 eh

  2. Wah, benarkah kak, sejauh ini belum pernah menjajaki private sektor sih. Thanks doanya kak, terima kasih juga sudah mampir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s