Sebuah Upaya Promosi : Pekan Imunisasi Nasional

Pekan Imunisasi Nasional Polio dilaksanakan 8-15 Maret pada tahun ini

 

Tidak perlu penjelasan lagi kan apa itu PIN (Pekan Imunisasi Nasional), ya PIN ini sejak jaman aku masih Balita juga sudah ada. Tahun ini PIN khusus polio dilaksanakan lagi, ya tahun lalu tidak ada sih hanya bulan vitamin A saja yang dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas, ini karena sebenarnya kasus polio di Indonesia sudah tidak ada sejak tahun 2006, bahkan pada tahun 2014 Inonesia memiliki sertifikat bebas polio. Tapi karena masih adanya kasus polio di Afghanistan dan Pakistan, di Indonesia sebagai negara berkembang jadi mesti ikut memiliki komitmen global dalam membenrantas polio ini.

Saat ini aku sudah tidak bersentuhan dengan banyak masyarakat, jadi upaya yang bisa kulakukan untuk mendukung PIN ya promosi ke keluarga sendiri. ya, bisa sih kalau untuk pasang DP atau profil picture facebook, tapi berapa banyak sih pertemananku di sosmed. Lagian, kalau aku sendiri tidak begitu tertarik kepo segala aktivitas semua teman, mungkin orang lain juga melakukan hal yang sama, abai hanya dengan sekadar gambar profil.

Kebetulan sih orang-orang terdekat sedang punya anak dibawah lima tahun. yang pertama tentu promosi ke ibuku, ya ibuku punya dedek bayi sekarang. *Mestinya kan momong cucu mah* sejak bulan Februari lalu sudah promosi pemberian vitamin A, tapi kayaknya gak berhasil. terakhir sih kusarankan buat minta vitamin A ke bidan yang biasa dikunjungi, tapi belum follow up lagi. Ibu biasa membawa imunisasi bayinya di dokter anak, nah aku kurang paham apakah sama dokternya juga dijelaskan tentang pentingnya vitamin A ini. Untuk yang PIN polio ini juga belum ke Puskesmas, ya ibu mah alasannya standar gitu-gitu aja, gak sempat karena harus berangkat kerja pagi. *mikir sih, padahal demi anak sendiri* maunya kubawa aja adikku itu ke Posyandu tiap bulan atau ke Puskesmas langsung, tapi kan aku lebih cocok jadi… *bukan kode lagi ini.*

Yang kedua promosi ke bibiku, ini juga kurang berhasil. Tapi yasudahlah, yang penting udah lengkap aja vaksin polio nya. Untuk bulan vitamin A sih katanya sudah dimintakan ke bidan desa setempat. Bibiku ini sebenarnya kurang paham juga soal kesehatan gini-gini, bisanya cuma nurut suami, tapi karena lumayan beruang jadi punya cukup investasi untuk memberikan vaksin anaknya hingga lanjutan.

dan yang ketiga ini aku merasa paling sukses, yeahh, kakak  sepupuku yang memiliki anak usia dua bulan. Jadi kakak sepupu ini kebetulan waktu hamil mengalami beberapa hal, bukan komplikasi sih gangguan-gangguan umum, tapi syukurnya lancar hingga melahirkan meskipun lewat cara caesar. Dari mulai hamil sering bertanya banyak tentang kehamilannya, ya karena waktu itu aku masih sama teman se team di Karawang sih jadi sering sharing soal maternal health juga dan lainnya tanya google sebenarnya. Karena beberapa saranku ternyata benar, seringan aku jadi orang pertama yang ia tanyai soal kesehatan. Jadi petugas kesehatan yang terdekat dengan kakak ku ini bidan, ya secara otomatis dia memberi vaksin anaknya (baru) vaksin dasar, dan yang paling penting sukses promosi pemberian vitamin A dan vaksin PIN Polio. Hari ini Dek Rara udah ke PIN, yess. aku juga sukses promosi ASI eksklusif dong.

Yang keempat, udah sih, bibiku yang lain baru hamil memasuki trimester kedua, target prospek untuk PIN tahun depan, semoga sukses promosinya, yeahh.

Promosi ke keluarga sudah, nanti tinggal yang terberat praktik buat diri sendiri. Mungkin kalau tidak bisa seperti mereka akan banyak dicibir, gitulahh *keplak diri sendiri, pikir nanti aja woy*

 

Tulisan macam apa ini

Besok piknik yang banyak biar bagus tulisannya.

lot’s of love

Advertisements

2 thoughts on “Sebuah Upaya Promosi : Pekan Imunisasi Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s