Stoviamu, Tirto

Tirto… Tirto… Tirto..

Aku disini, di Salemba UI, kampus Stovia. Seperti De Javu, seperti pernah berada disini dan hanyut disini. Aku teringat dokter Jawa yang ceramah, aku belum tahu siapa sesungguhnya dokter Jawa itu. aku membayangkan dokter Jawa itu memberikan ceramah untuk para calon dokter disini, engkau dan Ang San Mei mu yang entah ada atau tidak sesungguhnya itu hadir, menanyakan tentang organisasi di bumi Hindia. Menanyakan tentang apa sejatinya yang telah dilakukan para individu seperti Dewi Sartika dan Gadis Jepara untuk pendidikan. Disini permulaanmu, awal dari semua yang kau lakukan untuk bumi Hindia.

Tirto… Tirto… Tirto..

Disamping kananku guru-guru besarmu berderet. Tampak gagah dengan toga dan pakaian kebesaran mereka. Ruangan ini tampak seperti dipertahankan dari bentuk aslinya. Atap yang klasik dihiasi lampu-lampu berpendar. Lampu-lampu bersinar muram meskipun banyak jumlahnya. Angin-angin telah dimodifikasi dengan jejeran air conditioning.

Tirto…

Aku tak bisa memastikan seperti apa rupa Stovia jamanmu dan bagaimana perjalananmu disini. Aku tak bisa membayangkan dimana asramamu berdiri. Ini hanya sebuah bangunan replikasi, replikasi kekunoan yang dihiasi dengan kemodernan. Bagaimana tidak, orang-orang duduk di kursi-kursi kuno disepajang lorong dengan gadget atau sekadar komputer jinjing mereka. Di luar para mahasiswa juga berkumpul di kursi-kursi kuno itu untuk berdiskusi. Tapi tentu tak akan banyak membicarakan tentang perjalanan negeri ini. Bagaimana rupa kesehatan negeri ini, aku yakin.

Dan di luar gedung ini juga Tirto, kendaraan-kendaraan manusia modern berjejer. Kereta-kereta kuda telah lapuk dimakan waktu, dan kalau mau melihat jauh didepan gedung ini, di seberang agar, kemacetan setiap hari terjadi.

 

Salemba, 10 September 2014

Curi-curi waktu kuliah IKA

Leave a Reply

