Nadi Perekonomian Eropa di Pelabuhan Belanda

“Sebagai eksportir barang terbesar kelima di dunia, Belanda menempati posisi penting dalam perdagangan dunia.”

Lalu apa hubungannya dengan pelabuhan? Iya, benar sekali. Karena Belanda memiliki salah satu pelabuhan penting untuk perdagangan di Eropa dan seluruh Dunia. Pelabuhan utama Belanda saat ini, yaitu Rotterdam memiliki posisi strategis dalam perdagangan eropa terletak di mulut sungai-sungai yang mencapai jantung ekonomi dan industri Eropa.

Kepiawaian Belanda dalam mengelola pelabuhan tidak perlu diragukan lagi, ini memang karena Belanda sudah banyak makan asam garam dalam perdagangan dunia yang melibatkan pelabuhan-pelabuhan utama seluruh negara. Ini juga bisa dilihat dari jejaknya di Indonesia. Rata-rata sisa peradaban Belanda yang masih tersisa berada dekat dengan Pelabuhan. Misalnya di daerah sekitar pelabuhan Buleleng, Bali, atau kota tua di Jakarta dekat dengan pelabuhan Sunda Kelapa. Sejarah mengantarkan Belanda dalam keunggulan pelabuhannya.

Pelabuhan Amsterdam

Pada mulanya pelabuhan Amsterdam, sebuah pelabuhan nelayan kecil. Karena posisinya dekat dengan pusat perdagangan dan pusat keuangan di Amsterdam pada saat itu, pelabuhan ini menempati posisi penting dalam perdagangan Internasional. Pada masa awal masa keemasan Belanda, abad ke-17 pelabuhan Amsterdam menjadi pelabuhan utama Belanda. Kini pelabuhan Amsterdam bukan menjadi pelabuhan utama dan dikembangakan menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal pesiar.

Pelabuhan Rotterdam baru menempati posisi penting sejak pertengahan abad 19. Sebelumnya akses jalan menuju laut dari pelabuhan Rotterdam sulit, barang-barang yang dikirim dari pelabuhan Rotterdam dipindahkan melalui tangan menuju kapal laut. Berkat penemuan mesin uap membuat pelabuhan ini mampu menyediakan fasilitas untuk memindahkan barang lebih mudah dan akses dari pusat perdagangan dan keuangan juga lebih cepat berkat ditemukannya kereta api. Kini pelabuhan Rotterdam menjadi bagian penting yang membawa Belanda menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-15 dan pengekspor terbesar ke-10 di dunia. Dan pada tahun 2007, Belanda menjadi negara pengekspor terbesar ke-3 setelah Jerman dan Perancis.

Pelabuhan Rotterdam

Apa hanya karena posisi strategis? Tidak, pelabuhan Rotterdam juga menggunakan jasa pelayanan khusus dalam menjaga kualitas pengirimannya. Canggihnya sistem transportasi di Belanda membuat pelabuhan Rotterdam mampu memberikan servis paling cepat hingga ke daerah pedalaman di Eropa. Selain itu yang paling utama, Belanda sebagai negara terkemuka dalam berbagi informasi elektronik sehingga berbagai informasi antara otoritas pelabuhan dan kapal mudah dan cepat diakses.

Bagian tiga besar pelabuhan penting di Belanda lainnyaa adalah Zealand seaport. Pelabuhan yang berada di kota industri kecil ini memiliki peran penting dalam distribusi barang dari Belanda dan Belgia menuju jerman, Perancis Timur dan Swiss.

Zeeland Seaports

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Biro Belanda untuk Analisis Kebijakan Ekonomi, Belanda menghasilkan sekitar 33% pendapatannya dari ekspor barang dan jasa. Peran pelabuhan menjadi sangat penting bagi Belanda karena negara ini yang membawa dan mendistribusikan hampir 90% dari barang-barang yang beredar di Eropa.

Pemerintah Belanda juga memberi perhatian besar terhadap pelabuhan yang dimilikinya. Sejak tahun 2009 pemerintah Belanda melakukan proyek inovasi pelabuhan yang berkelanjutan terhadap tiga pelabuhan besar dan satu pelabuhan lain, Moerdijk. Proyek ini meliputi cara menjaga lingkungan pelabuhan, keselamatan navigasi dan keamanan pelayaran. Proyek yang dikembangkan sebagai Communication on a European Ports Policy ini dikarenakan Eropa belum memiliki undang-undang tentang pelabuhan sementara pelabuhan memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Eropa.

Sejarah mengantarkan Belanda menjadi bagian penting dalam tubuh Eropa

Advertisements

One thought on “Nadi Perekonomian Eropa di Pelabuhan Belanda

  1. Belanda Hebat Karena Indonesia, tau kah saudara dengan apa belanda memutar roda perekonomianya??!! pikirkan dengan logis!
    1. Dengan expor bunga tulip? expor keju? expor gandum? JAWABANYA TIDAK MUNGKIN!!
    2. Belanda bukan negara industri seperti Jepang atau Jerman.

    JAWABANYA ADALAH:
    Belanda menjalankan Roda Perekonomian dengan EMAS EMAS YANG DIJARAH DARI INDONESIA, JUMLAHNYA BESAR SEKALI HINGGA BUNGANYA SAJA DAPAT MENGHIDUPI NEGERI BELANDA HINGGA SAAT INI,
    sungguh ironi jika melihat kemiskinan di negeri Indonesia tercinta.

    I LOVE INDONESIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s