(Enjoy Jakarta) Surga Buku bikin Lupa Waktu

Surga itu berada diantara mesin jahit dan piala-piala. Lebih tepatnya pada deretan toko buku di blok M square.
Suasana Jakarta masih seperti cerita orang-orang, macet, gedung tinggi, panas. Sejak keluar dari bandara, disambut udara yang memang lebih panas dari Denpasar, keringat tak berhenti mengucur. Dalam perjalanan ke tempat menginap juga masih tetap sama seperti cerita orang, macet. Bandara- kawasan Blok M yang seharusnya bisa ditempuh satu jam, sampai penginapan hingga tiga jam. Ini pertama kalinya saya ke Jakarta tidak hanya numpang lewat. Kali ini ke Jakarta mengikuti pelatihan selama 4 hari.

Sore itu Jakarta masih membosankan, sebelum akhirnya seorang teman datang berkunjung. Tiga hari sebelumnya hanya bisa menikmati gedung-gedung tinggi, pusat-pusat perbelanjaan dan bioskop. Teman saya datang untuk mengajak saya mengunjungi “Surga”. Kami sedikit terlambat datang ke sana. Setelah memutuskan untuk makan dan ngobrol sebentar kami baru mengunjungi tempat itu. Dua lantai dibawah lantai UG, lantai utama blok M square.
Memasuki lantai utama kami disambut toko-toko aksesoris dan pakaian, turun ke lantai berikutnya masih bentuk komoditas yang sama, pakaian. Ini merupakan kedatangan kedua kalinya ke pusat perbelanjaan itu, tetapi sebelumnya saya tidak menemukan “surga” buku yang diceritakan oleh teman saya, Kak Niar. Pada lantai berikutnya kami menemukan kios-kios penjahit dan tempat membuat piala dan kenang-kenangan, setelah menyusuri lorong demi lorong, kami bertemu “surga” yang kami cari.

Surga itu mulai sepi, beberapa pedagang yang menjual buku sudah mulai menutupkan terpal pada lapak-lapak mereka. Tidak terlalu ramai, tetapi saya mulai menikmati. Seorang penjaga kios menyebutkan judul-judul novel terbaru yang tidak saya tidak kenal. Dan mata saya berhenti pada Tetralogi Pram. Saya mulai merasakan surga, tentu saja, di kota saya tidak banyak toko buku. Dan beberapa buku seperti tetralogi Pram susah didapatkan, kecuali Bumi Manusia dan Rumah Kaca. Kemudian saya mulai mencari-cari buku lain yang mungkin saya kenal, beberapa novel-novel terbitan lama. Saya mulai kalap dan segera berpindah dari satu lapak ke lapak lainnya setelah kak Niar menawar buku-buku yang kami cari.

Kios-kios buku sudah mulai tutup, sedangkan saya masih terus memilih buku-buku (baca: bingung). Sebelumnya tidak memiliki rencana akan membeli buku apa, jadi saya bingung memastikan budget dan mencari buku yang kemungkinan tidak akan ditemukan di Denpasar. Buku-buku di sana harganya bermacam-macam, mulai dari Rp 10.000. kualitas buku juga bermacam-macam, mulai dari buku bekas, asli, dan bajakan susah dibedakan. Jenis buku juga beragam, Novel, pengetahuan umum, komik, hingga majalah. Seorang Bapak Tua penjaga kios buku terlihat sudah berpengalaman melayani pembeli. Pak Tua itu tahu apa saja buku yang biasa dicari pembeli. Sebuah buku “Catatan Seorang Demonstran” terbitan pertama ia tawarkan diatas dua ratus ribu. Ia juga menjual buku-buku sastra klasik dan dengan fasih bapak itu menyebutkan judul dan pengarangnya. Dalam kekalapan itu saya masih sempat mengirim pesan singkat pada teman saya, ia menitip beberapa judul buku. Tetapi rupanya nasib tidak berpihak pada saya, gara-gara bingung memilih-milih buku lapak-lapak sudah hampir tutup semua.

Malam itu malam terakhir saya di Jakarta, keesokan harinya saya sudah harus pulang. Dan “surga buku” itu tentu saja buka satu-satunya. Masih ada toko buku-buku murah di Pasar Senen yang perlu dikunjungi lagi ketika bertandang Jakarta (lagi). tentu saja akan membuat lebih lupa waktu.

4 thoughts on “(Enjoy Jakarta) Surga Buku bikin Lupa Waktu

  1. Wah, menarik juga. Saya yang dalam tanda kutip tinggal di jakarta malah tidak tau. 😀 Thanks buat postnya, jadi ada tambahan tempat untuk “buang” waktu.

Leave a Reply

