Selamat Datang Agustus, Selamat Menuaikan Ibadah Puasa Kawan

Awal pekan ini yang mengawali bulan Agustus yang tiba tepat pada waktunya. Masih pagi yang sama ketika membuka mata sebelum subuh tiba. Pagi yang mengingatkanku pada pagi-pagi 6-7 tahun silam. Ya, hari ini aku kembali ditengah-tengah saudara dan kawan-kawan yang menuaikan ibadah puasa. Bulan puasa memang selalu hadir setiap tahun, tapi 7 tahun ini tidak begitu kental terasa.

Bulan puasa telah ditetapkan kemarin malam. kemudian umat muslim sedunia segera melaksanakan sholat tarawih. Dan pagi tadi mereka melaksanakan sahur perdana. Pukul 03.15 nada ‘aku adalah kamu’ Dialog Dini Hari mengalun dari ponsel. Aku segera bangun, menyusul kawan-kawan kos ku menyiapkan makan pagi itu. Makan pagi bagiku, dan sahur bagi mereka, tentu ini beda makna.

Aku ketinggalan, mereka sudah sejak 15-20 menit yang lalu bangun. Not bad, makan di pagi hari dengan lauk seadanya dan sendirian. Jam di ponsel masih menunjukkan pukul 04.35. Niat hati ingin melanjutkan laporan, tapi ahh..bantal dan selimut begitu menggoda.

Dua jam berlalu, sinar matahari segera memasuki celah-celah jendela. Dan suara-suara seretan langkah kaki sudah mulai terdengar, pertanda aktivitas kembali dimulai. Segera membersihkan kamar lanjut mandi.
Sedikit lebih santai pagi ini, karena kantor tempatku magang memulai aktivitas pukul 07.30. Jalanan masih lenggang, karena anak-anak sekolah libur untuk beberapa hari ini. Bapak polisi lalu lintas yang biasa sarapan di warung pecel kediri dekat jembatan, hari ini duduk berderet membaca koran. Di sepanjang jalan orang-orang terlihat cerah ceria menghadapi hari ini.

Di kantor pemerintahan dekat jembatan S.Parman itu masih terlihat sepi. bapak-bapak yang biasa minum kopi dan rokokan di kantin belakang tidak ada. Segera melangkah ke ruangan dekat tangga lantai dua. Dan, selamat datang bulan puasa, selamat menjalankan ibadah puasa kawan-kawan. Bulan yang kusebut-sebut penuh cinta dan berkah ini semoga juga menyertai kalian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s