Jangan Sampai, Miss Inconsistent (Lagi)

STBM

Ini merupakan akhir pekan ketiga sebelum masa magang selesai. artinya setelah 2 pekan nanti aku harus menyelesaikan segala urusanku di kota kecil ini. Melakukan wawancara dengan pelaku-pelaku program yang masih terlewatkan, merecordnya lalu menuangkannya dalam laporan. Segera menyelesaikan laporan, mencetaknya dalam bentuk hard copy lebih baik. dan yang paling penting meminta tanda-tangan kepala dinas tempatku melaksanakan magang.

Tapi nyatanya aku masih stuck di bab III sejak 2 minggu yang lalu. Banyak alasan mengapa akhirnya begini. Jauh dari teman-teman dan pembimbing akademis terkadang memang membuat terlena. Kurang bersemangat karena gak ada rasa galau mendengar teman-teman telah menyelesaikan laporan mereka. Tapi ah, rata-rata masih dalam posisi yang sama. Nah, kemudian sharing dengan pembimbing. Ahh ini sebenarnya perkara mudah, zaman teknologi seperti ini kami bisa memanfaatkan apapun. Tapi rasanya memang tidak lega jika tidak bertemu langsung dengan pembimbing hebat saya itu. Dua minggu lalu kita udah diskusi langsung panjang lebar, sudah sedikit mendapat pencerahan, tapi dua minggu ini terasa suram lagi.

Tapi ya itulah risiko sebuah pilihan. Sebenarnya tidak terlalu banyak berbeda magang disini ataupun disana. Tapi kelebihan disini, saya lebih mengenal program OKE ini lebih dari yang lain. Pada akhirnya Pembimbing lapangan banyak membantu. Yahh kami sudah bisa berkomunikasi cukup baik dibanding empat minggu silam. Jadi seharusnya ini bukan masalah lagi.

Tapi nyatanya tetap aja finishing laporan ini menjadi masalah bagiku. Bukan masalah berkaitan dengan orang lain, melainkan pada diri sendiri. bukan masalah tidak dapat membagi waktu, tetapi ini masalah mood. Entah kenapa mood ku serasa naik turun, ehh..bukan naik turun, bisa dibilang terus menurun dari waktu ke waktu. Bukan masalah sebuah kejenuhan karena berbagai aktivitas yang saya lakukan di kantor itu, karena dua bulan ini kerjaan saya hanya makan dan tidur. Ahh..bukan karena bayanganmu yang hadir di setiap detik ku. Bukan juga masalah hati yang kian hari kian kucari-cari entah kemana.

Aku lebih menyebut ini sebagai sesuatu yang susah dimengerti. Terpenjara dalam ruang ukuran 3 x 4 ini memang tidak menyenangkan. Setiap aku pulang yang kulihat hanya bantal-guling. Bagaimana aku tidak terpana, buku-buku yang kubeli seminggu yang lalu pun tidak kulirik. Mangkrak bersama buku-buku yang kubawa dari pulauku. Huuh..Memang aku bisa kemana lagi? Kota ini tidak bisa kunikmati. Sejauh mata memandang hanya toko-toko, setiap sudut yang kulalui hanya akan menemukan sudut itu lagi. Belum lagi rasa aman yang terkoyak. Ahh,ini bukan kota yang nyaman, bagi pecinta kebebasan sepertiku. Aku tidak bisa pergi sendiri kemanapun yang kumau dan memastikan bahwa diriku pasti aman berjalan sendiri. Sadar bahwa terus dikejar waktu. Yaa 2 minggu hanyalah waktu yang singkat hanya 14 x 24 jam.

Time table?? Ohh..tentu aku sudah membuatnya, tapi toh ini sebenarnya sudah melewati jadwal yang kubuat. terlambat seminggu. Tapi ahh aku tetap tak mau disalahkan. Aku menyalahkan kota ini. Kenapa tidak bisa dinikmati, aku harus menikmatinya dengan cara seperti apa? Ahh sebenarnya aku hanya butuh bertemu orang-orang yang sejalan dengan pikiranku, mana..mana..?

Kamu tidak setuju dengan pernyataanku, balik bertanya lalu kenapa memilih tempat itu? baiklah, aku memang harus kembali ke tujuan awalku kesini. Banyak alasan memang tak baik. Aku juga tak mau disebut-sebut sebagai miss inconsistent lagi. Cukup, aku akan segera menyelesaikannya. Akan kutata kembali semua misi kemarin. Kususun lagi jadwal pertemuan penting minggu ini. Segera kuselesaikan susunan kata ini. Segera kuseka sepi dan kebosanan. Dan yang paling penting, kan kupenuhi janji karena AKU BUKAN MISS INCONSISTENT.
Terima kasih untuk semangat pagi ini. :*

Juli 2011
Sudut Kota Lumajang

Leave a Reply

